Minggu, 12 April 2015

Jangan Sampai 'Mendamprat' Muka Sendiri

Hmm,, besok siswa-siswi SMA udah pada mau UN ya? Besok-besoknya lagi, siswa-siswi  SMP yang mau UN. Selanjutnya, besok-besoknya lagi siswa-siswi SD yang mau UN.
Mari kita lupakan sejenak masalah penulisan formal dan berkaidah EYD. Jadi, sedikit santai dan menggunakan bahasa nggak resmi aja, ya.

Judulnya mengenai "Mendamprat' Muka Sendiri, tapi kok malah bicara mengenai masalah UN?
Sebenanrnya, ini diposting agak sedikit terlambat, ya. Tapi tak apalah, semoga bisa menjadi sedikit 'pencerahan' buat besok yang mau ujian.

BTW, sebelum melakasanakan ujian, pada ngapain sih guys? Belajar mati-matian kah? Atau mati-matian 'mencari' jalan biar bisa mendapatkan hasil terbaik, walaupun dengan cara yang 'tidak' benar?

Sebagai saran saja (soalnya saya juga baru habis UN SMA tahun kemarin, jadi masih anget-anget terngiang masa-masa UN), PERBANYAK REFRESHING DAN MENENANGKAN PIKIRAN PAS H-1 UN. Lah? Kenapa disuruh santai-santai?  Nggak berusaha dong berarti?

Saya bukannya menyuruh untuk tidak berusaha, tapi menenangkan pikiran. Toh selama ini, sudah ada Try Out  dan semacamnya yang bisa menjadi media berlatih dan menguji kemampuan. Di situlah seharusnya kita belajar mati-matian dan berusaha keras.

Belum lagi, selama beberapa hari ini, saya melihat banyak berita mengenai kecemasan siswa-siswi yang akan mengikuti UN. Pertanyaan saya, sebenarnya apa yang Anda cemaskan? Begini, saya menonton acara Mario Teguh Golden Ways, edisi tanggal 5 April 2015 minggu lalu. Menurut beliau, kecemasan itu terjadi karena 3 hal :
1.     Takut dapat hasil yang tidak bagus
2.     Karena sadar selama ini persiapan masih kurang
3.     Takut mengecewakan orang tua.

Kenapa harus takut dapat hasil yang tidak bagus? Memangnya hasilnya akan diketahui kapan? Nanti, kan? Jadi takutnya nanti aja. Sekarang mah enjoy your life aja dulu. Kuncinya adalah usaha dan berdoa. Jika merasa persiapan selama ini kurang, maka silahkan saja Anda berharap dan berdoa soal yang bakalan keluar besok  adalah soal yang mampu Anda jawab dengan benar dan jujur (tapi, besok-besok ga boleh diulangi lagi kesalahan yang pernah kamu lakukan ini, ya).

Jadi, apa sih inti yang mau saya sampaikan pada postingan kali ini. Di hari-hari H-1 dan menjelang UN ini, perbanyaklah doa dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Apalagi kalau udah H-1, belajarnya jangan terlalu diforsir. Kalau saya sendiri sih, kalau belajar udah pas mau dekat-dekat banget ujian, byaaaar semuanya bakalan lupa -_-

Satu lagi, JANGAN PERNAH BERNIAT UNTUK BERBUAT CURANG. INGET!!! GUE PALING MALES APABILA BELUM APA-APA, ANAK INDONESIA UDAH NYERAH DULUAN. NYARI KUNCI SANA-SINI. MINTA JAWABAN SANA-SINI. Itu sama saja kita nggak percaya diri. Percuma juga selama ini belajar, jika hanya berakhir dengan ketidakjujuran. Percuam juga selama ini bilang kalau BENCI KORUPTOR, ANTI KORUPSI, kalau akhirnya malah melakukan korupsi pas ujian. Itu mah namanya ‘MENDAMPRAT’ MUKA SENDIRI.

Percaya deh, nggak bakalan ada kepuasan dan kebahagiaan kalau sesuatu yang kita dapatkan dari hasil nggak baik. Apalgi, ntar hasil ujian ini bakalan kita bawa buat ikut pendidikan yang lebih tinggi. Apakah kita bakalan tenang, jika hidup dilanjutkan dengan bayang-bayang ‘kejahatan’ yang kita lakukan? Nggak usah jawab ataupun marah. Cukup tanya hati kecil kamu aja. Karena hati kecil itu, selalu jujur dan apa adanya.

Sip deh. Udah sepanjang ini tulisan saya. Moga-moga aja bisa bermanfaat dan bisa memberikan pelajaran. Jangan panik, jangan cemas, perbanyak doa dan ibadah, tenagkan diri dan hati.

Insya Allah, saya juga akan posting nanti mengenai cara menghadapi pengumuman kelulusan, pengumuman hasil SNMPTN dan cara-cara sederhana untuk menghadapi SBMPTN. Sekaligus bagaimana caranya apabila jurusan saat kuliah yang didapatkan nanti, berbeda dengan yang diharapkan. Doain aja mudah-mudahan nanti saya bisa posting dan bisa menjadi referensi buat sahabat-sahabat sekalian, terutama yang mau lulus SMA.

SELAMAT MENEMPUH UJIAN PEMUDA HARAPAN BANGSA.
INGATLAH! BANGSA INI MENUNGGUMU DAN KEBENARAN YANG KAMU LAKUKAN UNTUK MASA DEPAN.

Semoga sahabat-sahabat sekalian mendapatkan hasil yang terbaik :D
Aamiin.. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar