Jumat, 24 Oktober 2014

Bila Ai Bicara Cinta Part 1

Cinta.. Ini nih yang mau gue bahas. Jarang-jarang gue bicara masalah ini, dan tulisan ini yang pertama kalinya di blog gue yang ngebahas masalah CINTA. 

Cinta itu apa sih? Apakah cinta itu menyenangkan atau menyakitkan? Apa cinta itu bikin bahagia atau merana? Gue sendiri juga nggak sepenuhnya tau jawaban dari pertanyaan itu. Terkadang, gue juga galau sendiri mikirin apa itu cinta. Soalnya kebanyakan yang gue liat, sejauh mata gue memandang, cinta itu kebanyakan diartikan secara sempit oleh para remaja (ini kebanyakan ya, bukan semuanya, jadi kalau lo bukan yang termasuk berpikiran seperti ini, jangan sensi dulu, Ok? :D). 

Bagi gue sendiri, cinta itu artinya sebuah TANGGUNG JAWAB. Nah lho? Kok gue bisa berpikiran kayak gitu ya? Karena, menurut gue jika kita punya cinta, kita juga harus berani bertanggung jawab.  Contohnya, cinta sama Allah, kita harus bisa menunjukkan wujud cinta kita sama Allah. Dengan beribadah lillahita'ala dan sebagainya. Dan banyak lagi contoh cinta. Cinta sama orang tua, cinta sama guru, cinta sama sekolah, cinta sama pekerjaan, cinta sama hobi, cinta sama negara, dan masih banyak lagi cinta-cinta yang bertebaran di muka bumi ini yang semuanya, jika lo cintai berarti lo harus bertanggung jawab padanya. Tanggung jawab lo ya itu, lo mampu menunjukkan rasa cinta lo dengan ucapan, sikap dan perilaku lo. Itu makanya ada pepatah yang mengatakan : Cinta itu butuh pembuktian, bro n sist!!

Ok, gue mau bahas dikit tentang cinta yang dipikir sempit oleh remaja tadi. Setelah 17 tahun gue hidup dimuka bumi, dan gue udah menjalani beberapa fase kehidupan, dari bayi, anak-anak sampe remaja saat ini, gue menemukan (ini dari investigasi dan penelitian gue sendiri ya) kebanyakan remaja baru cuma mengetahui beberapa macam cinta. Salah satu cinta yang kebanyakan (masih dengan kata kebanyakan) yang baru diketahui adalah cinta monyet, cinta pemula, dan cinta yang spesiesnya seputaran itu deh pokoknya. Dari situlah ada yang menemukan cinta itu bahagia (kalau lagi seneng-senengnya atau lagi abis diterima ama gebetan) atau merana (ini buat yang dicuekin, lagi sakit hati dan yang abis diputusin, baik oleh pacar maupun yang belum jadi pacar, haha :p)

Akibatnya, cinta ini yang sering membuat galau para remaja, dan menyebabkan cara berpikir menjadi terhambat cuman gara-gara sibuk mikirin kegalauan (ya elah, ini udah abd 21 bro, sist, tahun 2014 aja udah ampir berakhir, masa’ lo masih galau-galauan masalah cinta yang beginian? Sesuatu banget deh! -_-)
Coba aja liat, orang yang lagi senengnya karena cintamacam ini, akan galau mikirin, gimana ya cara bikin gebetan seneng? Kado apa yaa, yang harus dikasih buat gebetan? Duit udah menuju sakaratul maut nih, trus gue traktir do’i pakai apa?
Buat yang lagi sedih-sedihnya karena cinta monyet dan sebagainya bakalan berpikir, gue kurang cakep apa coba, kok idup gue jomblo menderita gini terus? Mak gue pas hamil gue ngidam apa ya, sampai sekarang gue masih ditolak ama ribuan orang yang gue tembak (masalahnya di elo, ngapaian nyalahin emak lo, huft jangan sampai gitu ya)?

Akibatnya, bakalan muncul deh status atau tweet atau yang semacamnya di media sosial :
Duch, gimana nih, gue galau!”
“Di dunia ini kayaknya udah nggak ada cinta lagi ya, buat gue, mending gue mati aja!”
“Dicuekin mulu deh sama dia. Makan jadi nggak enak, tidur tak lelap, belajar nggak konsen, ih sebel-sebel!”

Itu salah satu contoh aja, ya. Jangan sampai masuk ke hati. Gue cuman ngasih contoh. Ok?
Coba bayangin, kalau punya satu cinta ya tentu dong, kalau udah ditolak oleh cinta itu kita nggak bakalan punya cinta lagi. Jadi, banyak-banyak lah mencintai (gue yakin lo ngerti maksud gue mencintai ini. Seperti macam-macam cinta yang udah gue sebutin di awal tadi)
Jadi, kalau lo galau karena cinta monyet, lo bakalan bisa lebih berpikir jernih. Misalnya, kalau gue mati karena cinta, terus cinta dan kasih Allah yang udah ngasih gue kehidupan, gue kemanain? Cinta orang tua gue yang bakalan nangis bin sedih kalau gue mati mau gue kemanain? Dan lain-lain. Gue yakin lo bisa menganalisa hal ini.
Nah, segitu dulu gue bahas. Di tulisan-tulisan berikutnya, Insya Allah bakal gue lanjutin bahas masalah CINTA. Ok??




Tidak ada komentar:

Posting Komentar